Minggu, 16 Juni 2013

Hasil Pertandingan Piala Konfederasi Grup A : Brazil (3) Vs (0) Jepang

Brasil mengalahkan Jepang tiga gol tanpa balas pada laga pembukaan Piala Konfederasi 2013.

 
 
3' Neymar
 
48' Paulinho
 
90+3' Jo
 
 
Brasil mengalahkan Jepang 3-0 pada pertandingan pembukaan Piala Konfederasi 2013 di Estadio Mane Garrincha Brasilia, Minggu (16/6) dinihari WIB.

Pertandingan ini didahului dengan aksi protes di luar stadion yang mempertanyakan alokasi dana yang besar untuk menyelenggarakan turnamen. Apapun, turnamen tetap berjalan. Upacara pembukaan menampilkan atraksi yang memperkenalkan budaya dan filosofi sepakbola tuan rumah. Kedatangan presiden FIFA Sepp Blatter disambut cemoohan penonton seiring pemanasan yang dilakukan kedua tim.

Babak Pertama

Brasil tak menunggu lama untuk memetik keunggulan. Pada menit ketiga, Marcelo mengirim umpan silang ke arah Fred di depan kotak penalti Jepang. Bola dipantulkan Fred dengan dada kepada Neymar. Tanpa mengontrol, pemain baru Barcelona ini melepaskan tembakan keras yang menusuk pojok kanan atas gawang Eiji Kawashima.

Anehnya, permainan Brasil sedikit mengendur setelah gol tersebut. Jepang langsung membalas melalui Keisuke Honda. Pemain kidal ini datang menyambut umpan silang Shinji Kagawa di tiang jauh. Namun, arah tendangan Honda melayang ke atas mistar Julio Cesar.

Kekhawatiran tentang kesiapan kondisi Neymar muncul lagi selepas 15 menit pertama laga. Neymar harus menghampiri tim medis di pinggir lapangan untuk menerima perawatan. Sejenak kemudian, Neymar kembali dapat bergabung dengan rekan-rekannya.

Tempo pertandingan menurun setelahnya. Tendangan keras Honda sempat ditahan Cesar dan tidak ada pemain Jepang yang menyambut bola muntah. Kagawa menjadi kunci dari setiap serangan yang dilancarkan ttim Samurai Biru. Sementara, Brasil lebih berbahaya saat menyerang melalui kedua sektor sayap.

Tak lagi ada peluang berarti yang diperoleh kedua tim sepanjang sisa babak pertama. Malahan koor penonton tuan rumah membahana tanda kecewa Brasil kerap memainkan operan di lini pertahanan sendiri.

Babak Kedua

Persis seperti babak pertama, Brasil sukses mencuri gol cepat ketika pertandingan dimulai kembali. Tendangan keras Paulinho pada menit ke-48 terlalu sulit dibendung Kawashima. Bola pun bersarang untuk kali kedua di dalam gawang Jepang dalam pertandingan ini.

Pelatih Alberto Zaccheroni meresponnya dengan memasukkan Ryoichi Maeda dan menarik keluar Hiroshi Kiyotake, yang tampil tak terlalu gemilang pada pertandingan ini. Peluang diperoleh sang pemain pengganti pada menit ke-56 ketika tendangannya harus diamankan Cesar.

Brasil mengubah pendekatan dengan bermain lebih agresif. Paulinho hampir memberikan gol keduanya dalam pertandingan, tetapi sundulannya menyongsong umpan Dani Alves masih menyamping.

Hingga menit 70-an, Jepang lebih memusatkan perhatian pada pertahanan mereka. Baru pada menit ke-71 Maeda lagi-lagi mengancam gawang tuan rumah. Kali ini pun tendangannya dapat diamankan Cesar.

Sesudah peluang itu, Brasil mengambil langkah pergantian pemain. Ingin menjaga kondisi fisiknya, Neymar ditarik keluar dan giliran Lucas Moura dimainkan. Hulk juga mengikuti jejak Neymar keluar lapangan dan digantikan dengan Hernanes.

Pergantian ini tidak memberikan Selecao tambahan gol. Pertahanan Jepang yang digalang Maya Yoshida tampil lebih terkoordinasi sepanjang 15 menit terakhir. Yoshida berhasil memotong umpan Fred kepada Oscar serta mengeblok tendangan Lucas untuk mengamankan pertahanan.

Pada tambahan waktu, Jo, yang masuk menggantikan Fred, menyongsong umpan terobosan Oscar untuk menaklukkan Kawashima. Hujan turun di akhir pertandingan dan Brasil mengamankan keunggulan 3-0 sampai selesai.

Susunan pemain inti:
Brasil Julio Cesar; David Luiz, Thiago Silva, Dani Alves, Marcelo; Paulinho, Luiz Gustavo; Oscar, Neymar, Hulk; Fred.

Jepang Eiji Kawashima; Yasayuki Konno, Maya Yoshida, Atsuto Uchida, Yuto Nagatomo; Makoto Hasebe, Yasuhito Endo; Keisuke Honda, Hiroshi Kiyotake; Shinji Kagawa; Shinji Okazaki.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar