Rabu, 19 Juni 2013

Hasil Pertandingan Piala Konfederasi Grup A : Brazil (2) Vs (0) Meksiko

Satu gol dan satu assist diciptakan Neymar ketika Brasil menundukkan Meksiko 2-0.

 

9' Neymar

90+3' Jo

Brasil mengalahkan Meksiko 2-0 berkat inspirasi Neymar dalam lanjutan Grup A Piala Konfederasi, Kamis (20/6) dinihari WIB.

Kedua tim menurunkan kekuatan terbaik. Brasil tidak mengubah susunan tim yang dimainkan ketika menggilas Jepang 3-0 tiga hari lalu, sedangkan Meksiko melakukan dua perubahan. Tempat Jesus Zavala dan Javier Aquino diberikan kepada Hiram Mier dan Jorge Torres Nilo. Neymar dan Javier Hernandez menjadi penyerang tunggal tumpuan serangan masing-masing tim.

Babak Pertama

Brasil langsung menggebrak. Didukung ribuan pendukung yang memadati Estadio Castelo Fortaleza, Neymar membuka keunggulan pada menit kesembilan. Umpan silang Dani Alves coba dibersihkan Francisco Rodriguez, tapi bola tepat mengarah ke hadapan Neymar. Tanpa membuang waktu pemain baru Barcelona itu melepaskan tembakan keras kaki kiri yang tak bisa dibendung Jose Corona.

Alves nyaris menambah keunggulan tuan rumah lima menit berselang. Tendangan tipuannya ke tiang jauh memaksa Corona berjibaku mengetip bola ke atas mistar. Tak lama kemudian, ganti Meksiko yang mengancam gawang Julio Cesar. Diawali sebuah kemelut di dalam kotak penalti, bek kanan Hiram Mier yang naik membantu serangan memperoleh kesempatan melepas tembakan. Namun, bola masih melebar.

Pemain Meksiko kerap melepas penguasaan bola di wilayah pertahanan sendiri serta melakukan pelanggaran tak perlu. Contohnya, pada menit ke-21 Andres Guardado dikartukuning wasit Howard Webb setelah menendang punggung Neymar yang sudah terjatuh menyusul sebuah perebutan bola.

Barulah memasuki setengah jam pertandingan Meksiko meraih momentum memberikan ancaman berarti. Beberapa kali pemain Brasil dipaksa melakukan pelanggaran defensif di wilayah menguntungkan yang sayangnya selalu gagal dimanfaatkan Meksiko.

Memasuki menit 37 Brasil untuk sementara bermain dengan sepuluh orang karena David Luiz menjalani perawatan di pinggir lapangan. Hidung bek Chelsea itu berdarah setelah terbentur kepala rekan sendiri saat berupaya mementahkan ancaman lawan.

Tak ada lagi aksi berarti sepanjang sisa babak pertama selain pelanggaran ceroboh kapten Thiago Silva terhadap Chicharito yang berujung kartu kuning kedua dalam pertandingan ini.

Babak Kedua

Brasil masuk lapangan terlambat saat kick-off babak kedua karena menunggu Hulk dan Neymar yang paling akhir bersiap. Ketika pertandingan dimulai, Brasil tak menunggu lama untuk memulai aksi. Pada menit ke-47 Silva melesakkan bola ke dalam gawang Corona, tetapi gol dianulir karena dia sudah dalam posisi off-side.

Dua peluang beruntun diperoleh Brasil setelah sepuluh menit babak kedua berjalan. Tendangan Hulk dan Neymar sama-sama melebar ke samping gawang Corona. Setelah peluang ini, Meksiko menemukan ritme permainan terbaik melalui pergerakan Giovani dos Santos di sayap kanan.

Pelatih Jose Manuel de la Torre berupaya menyelamatkan peluang timnya dengan memasukkan Hector Herrera ke lini tengah dan kemudian Pablo Barrera sebagai bala bantuan di sektor sayap. Pergantian ini sebatas merepotkan lini tengah Brasil karena serangan Meksiko kerap tak menemui sasaran. Sangat jarang Chicharito terlibat dalam permainan, apalagi melepaskan tembakan ke sasaran.

Sadar timnya memerlukan dirigen permainan di lini tengah, Luiz Felipe Scolari memasukkan Hernanes pada menit ke-62. Lucas Moura juga menjadi pengganti tambahan 16 menit berselang. Tapi, ancaman Meksiko rupanya kian meningkat memasuki sepuluh menit terakhir pertandingan.

Aksi Barrera dari sayap merepotkan Marcelo. Setidaknya ada dua kali umpan silangnya yang hampir mencapai rekannya di dalam kotak penalti. Sekali kejadian, Guardado menerima umpan tersebut tapi tembakannya membentur Alves sehingga hanya menghasilkan tendangan penjuru.

Meksiko akhirnya harus membayar mahal kegagalan lini serangnya. Memasuki menit ketiga tambahan waktu, Neymar beraksi individual di sektor kanan pertahanan. Terlepas, Neymar kemudian memberikan umpan mendatar yang disambut tendangan setengah voli pemain pengganti Jo.

Skor 2-0 menegaskan keunggulan Brasil atas Meksiko. Selecao kini menanti hasil pertandingan Italia versus Jepang sambil menanti kepastian tiket semi-final. Sementara, posisi Meksiko kritis tersingkir dari persaingan Piala Konfederasi setelah menelan dua kekalahan.

Susunan pemain inti:
Brasil Julio Cesar; Dani Alves, Marcelo, David Luiz, Thiago Silva; Paulinho, Luiz Gustavo; Oscar, Neymar, Hulk, Fred.

Meksiko Jose Corona; Gerardo Flores, Carlos Salcido, Hector Moreno, Francisco Rodriguez; Gerardo Torrado, Jorge Torres Nilo; Giovani dos Santos, Hiram Mier, Andres Guardado; Javier Hernandez.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar