Kamis, 20 Juni 2013

Hasil Pertandingan Piala Konfederasi Grup B : Nigeria (1) Vs (2) Uruguay

Gol Diego Forlan Beri Asa Uruguay Lolos Ke Semi-Final.



37' John Obi Mikel                                                      19' Diego Logano

                                                                                       51' Diego Forlan


Uruguay berhasil meraih tiga poin penting di Grup B Piala Konfederasi usai mengalahkan Nigeria 2-1 di pertandingan yang berlangsung di Arena Fonte Nova di Salvador, Jumat (21/6) dini hari WIB.

Tim asal Amerika Latin itu membutuhkan kemenangan untuk bisa menjaga asa lolos ke babak semi-final karena di pertandingan perdana grup ini, mereka kalah 2-1 dari Spanyol. Kini, Uruguay memiliki poin yang sama dengan Nigeria. Pertandingan pamungkas pada 23 Juni mendatang akan menentukan siapa yang akan menemani La Furia Roja ke babak empat besar.

Uruguay mengawali pertandingan babak pertama dengan cukup bagus, namun mereka kemudian tidak bisa mengontrol permainan karena justru Nigeria yang kerap mengancam lewat skema serangan balik.

La Celeste akhirnya bisa memecah kebuntuan pada menit ke-19. Crossing Diego Forlan mampu diteruskan oleh Edinson Cavani, yang kemudian mengirimkan umpan kepada Diego Lugano untuk menceploskan bola ke jala Nigeria yang dijaga Vincent Enyeama.

Pertahanan yang bagus dari Maxi Pereira mampu menghentikan usaha Brown Ideye untuk melepaskan sepakan ke arah gawang. Di sisi lain, Forlan gagal memanfaatkan umpan crossing yang dilepaskan Luis Suarez di dekat gawang ketika pertandingan sudah memasuki menit ke-26.

Delapan menit jelang pertandingan babak pertama akan berakhir, Nigeria bangkit. Ideye memberi umpan kepada John Obi Mikel, kemudian pemain Chelsea itu mampu mengatasi penjagaan Lugano dan melepaskan sepakan keras dengan kaki kiri ke pojok atas gawang.

Nigeria nyaris balik unggul andai kiper Uruguay Fernando Muslera gagal mengantisipasi usaha rekannya, Diego Godin, yang berniat menghalau bola ke luar area pertahanan tim.

Ketika pertandingan babak kedua sudah sudah memasuki menit ke-51, Forlan tampil sebagai pahlawan berkat gol penentu kemenangan tim. Berawal dari kerjasama Suarez dan Cavani, pemain yang terakhir dengan cerdik mengirim umpan kepada Forlan yang masuk ke sisi kanan kotak penalti lawan dan melepaskan tendangan keras ke pojok kanan gawang, tanpa bisa dihalau Enyeama.

Ketika pertandingan menyisakan 20 menit lagi, Cavani membuang sebuah peluang emas. Terlepas dari jebakan off-side, sang striker mampu menyambar bola, namun usahanya masih belum memenuhi target. Meski begitu, Uruguay akhirnya bisa mengunci kemenangan krusial di pertandingan ini.

Di pertandingan berikutnya, Uruguay akan berjumpa dengan Tahiti untuk memastikan siapa yang lolos ke semi-final, sementara Nigeria harus berjumpa tim kuat Spanyol.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar